INSTRUMEN PENILAIAN AFEKTIF
A. SIKAP
Menurut Allport (Gable, 1986: 4) sikap merupakan kesiapan mental dan saraf yang diorganisasi melalui pengalaman yang mempengaruhi respon seseorang terhadap semua objek dan situasi yang saling berhubungan. Aiken dalam Gable (1986: 5) berpendapat bahwa sikap adalah proses konseptualisasi sebagai kecenderungan untuk merespon secara positif atau negatif objek, situasi, konsep, atau orang tertentu. Proses sikap meliputi komponen kognitif (keyakinan dan pengetahuan), afektif (emosi dan motivasi), dan performa (perilaku dan keberpihakan). Menurut Nitko (2007:451)mengemukakan sikap adalah karakteristik dari sesorang yang menggambarkan perasaan positif dan negetif mereka terhadap objek, situasi, institusi, seseorang atau ide tertentu.
Kisi-kisi Instrumen Sikap
Aspek
|
Indikator
|
Objek Sikap
| |||
Pemahaman Masalah
|
Tindakan pemecahan masalah
|
Pernyataan maksud
|
Pencarian yang lebih baik
| ||
A. Kognitif
|
Merasa perlu
|
-3
|
+11
|
---
|
+22
|
Merasa mudah
|
-6, +9
|
-12
|
-32
|
+17, -25
| |
Merasa sudah
seharusnya
|
-26
|
+4
|
+33
|
+36
| |
B. Afektif
|
Rasa tertarik
|
+1
|
-29
|
---
|
-21, -37
|
Rasa senang
|
-28
|
-5
|
-16
|
-18
| |
bersemangat
|
-7
|
+13
|
+31
|
+20
| |
C. Konatif
|
Menanyakan/mencari
|
+2
|
+10
|
---
|
+24
|
Melakukan
|
-8
|
+30
|
+15
|
+35
| |
Menggunakan cara tertentu
|
+27
|
-14
|
-34
|
+19, -23
| |
Total Item
|
10
|
9
|
6
|
12
|
Keterangan:
Pada kolom objek sikap, angka menunjukkan nomor pertanyaan, tanda (+) dan (-) menunjukkan apakah pertanyaan positif ataukah negatif.
Pedoman Skor
Pernyataan
|
Skor pernyataan positif
|
Skor pernyataan negatif
|
Sangat setuju
|
5
|
1
|
Setuju
|
4
|
2
|
Ragu-ragu
|
3
|
3
|
Tidak setuju
|
2
|
4
|
Sangat tidak setuju
|
1
|
5
|
LEMBAR ANGKET SIKAP SISWA
Petunjuk
1. Angket ini berisi pernyataan tentang sikap kamu terhadap berbagai pernyataan berikut yang berhubungan dengan usahamu memecahkan soal/masalah matematika
2. Berilah tanda contreng (√ ) pada kolom yang disediakan, dengan arti:
STS : sangat tidak setuju
TS : tidak setuju
R : ragu-ragu
S : setuju
SS : sangat setuju
3. Bacalah setiap pernyataan dengan teliti tanpa ada yang terlewatkan
4. Setiap pernyataan yang kamu berikan adalah benar, sehingga jangan berpengaruh dengan jawaban temanmu, dan tidak mempengaruhi nilai kamu.
PERNYATAAN
|
TANGGAPAN
| ||||
STS
|
TS
|
R
|
S
|
SS
| |
1. Saya tidak tertarik menyelidiki kebenaran masalah
| |||||
2. Saya menanyakan masalah yang tidak saya pahami kepada guru/teman
| |||||
3. Saya tidak perlu memahami masalah.
| |||||
4. Pengetahuan sebelumnya berguna untuk memecahkan masalah baru
| |||||
5. Saya sulit belajar melalui pemecahan masalah sehari-hari
| |||||
6. Saya tidak senang menggunakan aturan-aturan dalam matematika
| |||||
7. Saya sulit belajar melalui pemecahan masalah sehari-hari
| |||||
8. Saya pesimis untuk memecahkan masalah dengan kemampuan sendiri
| |||||
9. Saya memahami masalah agar bisa menyelesaikannya dengan kemampuan sendiri
| |||||
10. Saya memahami masalah terlebih dahulu agar mudah mencari solusi yang tepat
| |||||
11. Saya mencari kejelasan maksud masalah agar bisa memecahkan sesuai tujuannya
| |||||
12. Saya perlu menguji kebenaran setiap langkah pemecahan masalah
| |||||
13. Keteraturan langkah penyelesaian tidak memudahkan mencari solusi
| |||||
14. Saya bersemangat mencari apa yang bisa diketahui dari sebuah masalah
| |||||
15. Saya mengabaikan anggapan-anggapan/pengandaian ketika berpikir
| |||||
16. Saya menuliskan “apa yang diketahui” dari sebuah masalah.
| |||||
17. Saya tidak senang ketika harus menuliskan symbol-simbol
| |||||
18. Benda konkret memudahkan memahami konsep matematika.
| |||||
19. Saya tidak senang mehamai konsep-konsep matematika
| |||||
20. Saya menggunakan contoh yang mudak dipahami untuk member alasan
| |||||
21. Saya bersemangat menemukan cara penyelesaian yang lebih ringkas.
| |||||
22. Saya idak berkeinginan mencari cara penyelesaian yang lebih baik.
| |||||
23. Penyelesaian masalah perlu mencari solusi yang lebih pasti
| |||||
24. Saya tidak akan menggunakan strategi lain, jika suda bisa menyelesaikan dengann sebuah cara.
| |||||
25. Saya mencari cara penyelesaian yang lebih mudah
| |||||
26. Penyelesaian yang teratur menyulitkan memahami hubungan masalah dan solusinya.
| |||||
27. Saya tidak harus menyelesaikan masalah yang diberikan guru.
| |||||
28. Saya mencatat masalah menarik yang saya temui sehari-hari.
| |||||
29. Saya bosan memahami masalah dari buku pelajaran
| |||||
30. Saya tidak tertarik mengoreksi langkah penyelesaian yang keliru.
| |||||
31. Saya memilih strategi penyelesaian yang paling tepat.
| |||||
32. Bisa menyampaikan sebuah solusi dengan jelas adalah menyenangkan.
| |||||
33. Kalimat matematika sulit dipahami
| |||||
34. Ketika menuliskan sebuah pernyataan baru menggunakan satuan ukuran.
| |||||
35. Saya mengabaikan ketepatan istilah yang saya sampaikan.
| |||||
36. Saya mengganti hasil pemikiran saya kalau pendapat tersebut tidak benar.
| |||||
37. Kejujuran sewaktu menyelesaikan masalah memberikan kebaikan pada diri sendiri.
| |||||
38. Saya tidak tertarik memperbaiki solusi yang tidak tepat
|
FORMAT PENELAAHAN BUTIR INSTRUMEN SKALA PENILAIAN
Mata Pelajaran : ………………………………..
Kelas/ Semester : ………………………………..
Penelaah : ……………………………….
Petunjuk: Beri tanda centang (√) bila menurut anda pernyataan yang diberikan sudah sesuai.
No
|
Aspek yang ditelaah
|
Ya
|
Tidak
|
Keterangan
|
1
|
Definisi konseptual sudah memadai dilihat dari sisi kesesuaian dengan tujuan instrument
| |||
2
|
Definisi operasional memuat pendefinisian aspek yang sesuai dengan definisi konseptual
| |||
3
|
Indikator sesuai dengan definisi operasional
|
No. Aspek
|
Aspek yang ditelaah
|
Nomor soal
| ||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
…
|
37
| |||
A. Materi
| ||||||||
1
|
Pernyataan sesuai dengan rumusan indikator dalam kisi-kisi
| |||||||
2
|
Aspek yang diukur pada setiap pernyataan sudah sesuai dengan tuntutan dalam kisi-kisi (misal untuk tes sikap: aspek kognisi, afeksi, atau konasinya dan pernyataan positif atau negatifnya)
| |||||||
B. Kostruksi
| ||||||||
3
|
Skala penilaian sudah tepat
| |||||||
4
|
Petunjuk pengisian sudah jelas
| |||||||
5
|
Format instrument menarik untuk dibaca
| |||||||
6
|
Pernyataan dirumuskan dengan singkat (tidak melebihi 20 kata) dan jelas
| |||||||
7
|
Kalimatnya bebas dari pernyataan yang tidak relevan objek yang dipersoalkan atau kalimatnya merupakan kalimat yang perlu saja
| |||||||
8
|
Kalimatnya bebas dari kalimat yang negatif ganda
| |||||||
9
|
Kalimatnya bebas dari pernyataan yang mengacu pada masala lalu
| |||||||
10
|
Kalimatnya bebas dari pernyataan faktual atau dapat diinterpretasikan sebagai fakta
| |||||||
11
|
Kalimatnya bebas dari pernyataan yang dapat diinterpretasikan lebih dan kalimatnya bebas dari pernyataan yang mungkin disetujui atau dikosongkan oleh hampir semua responden
| |||||||
12
|
Setiap pernyataan hanya berisi satu gagasan secara lengkap
| |||||||
13
|
Kalimatnya bebas dari pernyataan yang tidak pasti seperti: semua, selalu, kadang-kadang, tidak satupun, tidak pernah
| |||||||
14
|
Tidak banyak menggunakan kata hanya, sekedar, semata-mata
| |||||||
C. Bahasa/Budaya
| ||||||||
15
|
Rumusan kalimat pernyataan komunikatif
| |||||||
16
|
Soal menggunakan Bahasa Indonesia yang baku
| |||||||
17
|
Tidak menggunakan bahasa yang bersifat setempat/tabu
| |||||||
Saran perbaikan:
.....................................................................................................................................................
B. MINAT
Minat menurut Nunnally (Gabel, 1986: 8) didefinisikan sebagai pilihan pada aktivitas khusus. Seperti pada ranah afektif lainnya, minat juga dapat dideskripsikan berdasarkan target, arah, dan intensitasnya. Target dari minat adalah aktivitas, arahnya dapat dideskripsikan sebagai berminat atau tidak berminat, dan intensitasnya dideskripsikan sebagai tinggi atau rendah. Sedangkan menurut Nitko (2007:448) Minat adalah kecenderungan terhadap suatu jenis aktivitas tertentu ketika sesorang tidak berada di bawah tekanan.
a. Tujuan
b. Definisi Konseptual
Minat adalah pilihan pada aktivitas khusus dan kecenderungan terhadap suatu jenis aktivitas tertentu ketika seseorang tidak berada di bawah tekanan.
c. Definisi Operasional
Siswa dikatakan memiliki minat terhadap matematika jika: memahami/mempelajari materi matematika, mengikuti pembelajaran matematika, berinteraksi dengan guru dan teman, membaca buku matematika, menyelesaikan soal matematika, mengerjakan tugas matematika, dan mengikuti pelaksanaan ulangan matematika.
Kisi-Kisi Instrumen Minat Siswa Terhadap Matematika
Aspek
|
Indikator
|
No Item
|
Jumlah
| |
Positif
|
Negatif
| |||
Minat Terhadap Matematika
|
Memahami mempelajari materi matematika
|
1,10,22
1,10
|
6,16,21
6, 13, 18
|
6
|
Mengikuti dengan guru dan teman
|
7, 14
7
|
2, 9 , 11
2, 9
|
5
| |
Berinteraksi dengan guru dan teman
|
8, 13, 30
8, 11,
|
25
20
|
4
| |
Membaca buku matematika
|
4
4
|
1
| ||
Menyelesaikan soal matematika
|
17, 28
14,
|
2
| ||
Mengerjakan tugas matematika
|
5, 19
5, 16
|
15, 24, 27 , 29
12,
|
7
| |
Mengikuti pelaksanaan ulangan matematika
|
20, 26
17,
|
12, 18, 23
15, 19
|
5
| |
Jumlah
|
30
|
Pedoman Skor
Pernyataan
|
Skor pernyataan positif
|
Skor pernyataan negatif
|
Selalu
|
5
|
1
|
Sering
|
4
|
2
|
Kadang-kadang
|
3
|
3
|
Jarang
|
2
|
4
|
Tidak pernah
|
1
|
5
|
ANGKET MINAT
PETUNJUK PENGISIAN
1. Berilah tanda cek (√) pada pada kotak yang tersedia.
2. Setelah selesai, form ini dikumpulkan kembali.
3. Jawaban yang anda berikan tidak akan mempengaruhi nilai pelajaran.
No
|
Aspek yang dinilai
|
Pilihan
| ||||
SL
|
SR
|
KK
|
JR
|
TP
| ||
1
|
Saya berusaha memahami materi matematika
| |||||
2
|
Saya membolos pada jam pelajaran matematika
| |||||
3
|
Saya tidak mengumpulkan tugas matematika
| |||||
4
|
Saya membaca buku matematika
| |||||
5
|
Saya berusaha menyelesaikan tugas matematika dengan sebaik-baiknya
| |||||
6
|
Saya hanya mempelajari matematika jika akan ada ulangan
| |||||
7
|
Saya hadir tepat waktu pada jam pelajaran matematika
| |||||
8
|
Saya bertanya kepada teman tentang matematika
| |||||
9
|
Saya mengerjakan hal-hal yang tidak berkaitan dengan matematika selama pembelajaran matematika
| |||||
10
|
Saya berdiskusi tentang pelajaran matematika dengan teman
| |||||
11
|
Saya tidak pernah memperhatikan penjelasan guru matematika
| |||||
12
|
Saya tidak masuk sekolah karena ada ulangan matematika
| |||||
13
|
Saya menyiapkan pertanyaan untuk diajukan pada saat pembelajaran matematika
| |||||
14
|
Saya membawa semua perlengkapan belajar matematika
| |||||
15
|
Saya tidak mengerjakan tugas matematika
| |||||
16
|
Saya tidak berusaha memahami rumus matematika
| |||||
17
|
Saya berusaha memahami rumus matematika
| |||||
18
|
Saya membuka buku/catatan ketika ulangan
| |||||
19
|
Saya menyelesaikan tugas matematika tepat waktu
| |||||
20
|
Saya menyalin/ menyontek tugas matematika tepat waktu
| |||||
21
|
Saya malas berdiskusi tentang matematika dengan siapa pun
| |||||
22
|
Saya mempelajari materi matematika yang belum diajarkan
| |||||
23
|
Saya menyalin jawaban milik teman pada saat ulangan matematika
| |||||
24
|
Saya mengerjakan tugas matematika dengan asal kerja
| |||||
25
|
Saya tidak bertanya kepada guru matematika walaupun saya tidak mengerti
| |||||
26
|
Saya menyelesaikan soal ulangan dengan mandiri
| |||||
27
|
Saya menunda-nunda menyelesaikan tugas matematika
| |||||
28
|
Saya mengerjakan soal matematika yang belum diajarkan
| |||||
29
|
Saya menyiapkan diri jauh hari sebelum ulangan matematika
| |||||
30
|
Saya berusaha menjawab pertanyaan yang diajukan guru
|
Keterangan:
SL : Selalu
SR : Sering
KK : Kadang-kadang
JR : Jarang
TP : Tidak Pernah
FORMAT PENELAAHAN BUTIR INSTRUMEN SKALA PENILAIAN
Mata Pelajaran : ………………………………..
Kelas/ Semester : ………………………………..
Penelaah : ……………………………….
Petunjuk: Beri tanda centang (√) bila menurut anda pernyataan yang diberikan sudah sesuai.
No
|
Aspek yang ditelaah
|
Ya
|
Tidak
|
Keterangan
|
1
|
Definisi konseptual sudah memadai dilihat dari sisi kesesuaian dengan tujuan instrument
| |||
2
|
Definisi operasional memuat pendefinisian aspek yang sesuai dengan definisi konseptual
| |||
3
|
Indikator sesuai dengan definisi operasional
|
No
|
Aspek yang ditelaah
|
Nomor soal
| ||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
…
|
30
| ||
A. Materi
| ||||||||||||
1
|
Pernyataan sesuai dengan rumusan indikator dalam kisi-kisi
| |||||||||||
2
|
Aspek yang diukur pada setiap pernyataan sudah sesuai dengan tuntutan dalam kisi-kisi (misal untuk tes sikap: aspek kognisi, afeksi, atau konasinya dan pernyataan positif atau negatifnya)
| |||||||||||
B. Kostruksi
| ||||||||||||
3
|
Skala penilaian sudah tepat
| |||||||||||
4
|
Petunjuk pengisian sudah jelas
| |||||||||||
5
|
Format instrument menarik untuk dibaca
| |||||||||||
6
|
Pernyataan dirumuskan dengan singkat (tidak melebihi 20 kata) dan jelas
| |||||||||||
7
|
Kalimatnya bebas dari pernyataan yang tidak relevan objek yang dipersoalkan atau kalimatnya merupakan kalimat yang perlu saja
| |||||||||||
8
|
Kalimatnya bebas dari kalimat yang negatif ganda
| |||||||||||
9
|
Kalimatnya bebas dari pernyataan yang mengacu pada masala lalu
| |||||||||||
10
|
Kalimatnya bebas dari pernyataan faktual atau dapat diinterpretasikan sebagai fakta
| |||||||||||
11
|
Kalimatnya bebas dari pernyataan yang dapat diinterpretasikan lebih dan kalimatnya bebas dari pernyataan yang mungkin disetujui atau dikosongkan oleh hampir semua responden
| |||||||||||
12
|
Setiap pernyataan hanya berisi satu gagasan secara lengkap
| |||||||||||
13
|
Kalimatnya bebas dari pernyataan yang tidak pasti seperti: semua, selalu, kadang-kadang, tidak satupun, tidak pernah
| |||||||||||
14
|
Tidak banyak menggunakan kata hanya, sekedar, semata-mata
| |||||||||||
C. Bahasa/Budaya
| ||||||||||||
15
|
Rumusan kalimat pernyataan komunikatif
| |||||||||||
16
|
Soal menggunakan Bahasa Indonesia yang baku
| |||||||||||
17
|
Tidak menggunakan bahasa yang bersifat setempat/tabu
|
Saran perbaikan:
.....................................................................................................................................................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar