Rabu, 07 September 2016

ANALISIS KUALITATIF INSTRUMEN NON TES


INSTRUMEN PENILAIAN AFEKTIF

A.    SIKAP
Menurut Allport (Gable, 1986: 4) sikap merupakan kesiapan mental dan saraf yang diorganisasi melalui pengalaman yang mempengaruhi respon seseorang terhadap semua objek dan situasi yang saling berhubungan. Aiken dalam Gable (1986: 5) berpendapat bahwa sikap adalah proses konseptualisasi sebagai kecenderungan untuk merespon secara positif atau negatif objek, situasi, konsep, atau orang tertentu. Proses sikap meliputi komponen kognitif (keyakinan dan pengetahuan), afektif (emosi dan motivasi), dan performa (perilaku dan keberpihakan). Menurut Nitko (2007:451)mengemukakan sikap adalah karakteristik dari sesorang yang menggambarkan perasaan positif dan negetif mereka terhadap objek, situasi, institusi, seseorang atau ide tertentu.

Kisi-kisi Instrumen Sikap
Aspek
Indikator
Objek Sikap
Pemahaman Masalah
Tindakan pemecahan masalah
Pernyataan maksud
Pencarian yang lebih baik
A.    Kognitif
Merasa perlu
-3
+11
---
+22
Merasa mudah
-6, +9
-12
-32
+17, -25
Merasa sudah
seharusnya
-26
+4
+33
+36
B.     Afektif
Rasa tertarik
+1
-29
---
-21, -37
Rasa senang
-28
-5
-16
-18
bersemangat
-7
+13
+31
+20
C.     Konatif
Menanyakan/mencari
+2
+10
---
+24
Melakukan
-8
+30
+15
+35
Menggunakan cara tertentu
+27
-14
-34
+19, -23
Total Item
10
9
6
12
Keterangan:
Pada kolom objek sikap, angka menunjukkan nomor pertanyaan, tanda (+) dan (-) menunjukkan apakah pertanyaan positif ataukah negatif.



Pedoman Skor
Pernyataan
Skor pernyataan positif
Skor pernyataan negatif
Sangat setuju
5
1
Setuju
4
2
Ragu-ragu
3
3
Tidak setuju
2
4
Sangat tidak setuju
1
5

LEMBAR ANGKET  SIKAP SISWA
Petunjuk
1.      Angket ini berisi pernyataan tentang sikap kamu terhadap berbagai pernyataan berikut yang berhubungan dengan usahamu memecahkan soal/masalah matematika
2.      Berilah tanda contreng (√ ) pada kolom yang disediakan, dengan arti:
STS     : sangat tidak setuju
TS        : tidak setuju
R         : ragu-ragu
S          : setuju
SS        : sangat setuju
3.      Bacalah setiap pernyataan dengan teliti tanpa ada yang terlewatkan
4.      Setiap pernyataan yang kamu berikan adalah benar, sehingga jangan berpengaruh dengan jawaban temanmu, dan tidak mempengaruhi nilai kamu.
PERNYATAAN
TANGGAPAN
STS
TS
R
S
SS
1.      Saya tidak tertarik menyelidiki kebenaran masalah





2.      Saya menanyakan masalah yang tidak saya pahami kepada guru/teman





3.      Saya tidak perlu memahami masalah.





4.      Pengetahuan sebelumnya berguna untuk memecahkan masalah baru





5.      Saya sulit belajar melalui pemecahan masalah sehari-hari





6.      Saya tidak senang menggunakan aturan-aturan dalam matematika





7.      Saya sulit belajar melalui pemecahan masalah sehari-hari





8.      Saya pesimis untuk memecahkan masalah dengan   kemampuan sendiri





9.      Saya memahami masalah agar bisa menyelesaikannya dengan kemampuan sendiri





10.  Saya memahami masalah terlebih dahulu agar mudah mencari solusi yang tepat





11.  Saya mencari kejelasan maksud masalah agar bisa memecahkan sesuai tujuannya





12.  Saya perlu menguji kebenaran setiap langkah pemecahan masalah





13.  Keteraturan langkah penyelesaian tidak memudahkan mencari solusi





14.  Saya bersemangat mencari apa yang bisa diketahui dari sebuah masalah





15.  Saya mengabaikan anggapan-anggapan/pengandaian ketika berpikir





16.  Saya menuliskan “apa yang diketahui” dari sebuah masalah.





17.  Saya tidak senang ketika harus menuliskan symbol-simbol





18.  Benda konkret memudahkan memahami konsep matematika.





19.  Saya tidak senang mehamai konsep-konsep matematika





20.  Saya menggunakan contoh yang mudak dipahami   untuk member alasan





21.  Saya bersemangat menemukan cara penyelesaian yang lebih ringkas.





22.  Saya idak berkeinginan mencari cara penyelesaian yang lebih baik.





23.  Penyelesaian masalah perlu mencari solusi yang lebih pasti





24.  Saya tidak akan menggunakan strategi lain, jika suda bisa menyelesaikan dengann sebuah cara.





25.  Saya mencari cara penyelesaian yang lebih mudah





26.  Penyelesaian yang teratur menyulitkan memahami hubungan masalah dan solusinya.





27.  Saya tidak harus menyelesaikan masalah yang diberikan guru.





28.  Saya mencatat masalah menarik yang saya temui sehari-hari.





29.  Saya bosan memahami masalah dari buku pelajaran





30.  Saya tidak tertarik mengoreksi langkah penyelesaian yang keliru.





31.  Saya memilih strategi penyelesaian yang paling tepat.





32.  Bisa menyampaikan sebuah solusi dengan jelas adalah menyenangkan.





33.  Kalimat matematika sulit dipahami





34.  Ketika menuliskan sebuah pernyataan baru menggunakan satuan ukuran.





35.  Saya mengabaikan ketepatan istilah yang saya sampaikan.





36.  Saya mengganti hasil pemikiran saya  kalau pendapat tersebut tidak benar.





37.  Kejujuran sewaktu menyelesaikan masalah memberikan kebaikan pada diri sendiri.





38.  Saya tidak tertarik memperbaiki solusi yang tidak tepat







FORMAT PENELAAHAN BUTIR INSTRUMEN SKALA PENILAIAN
Mata Pelajaran            : ………………………………..
Kelas/ Semester           : ………………………………..
Penelaah                      : ……………………………….
Petunjuk: Beri tanda centang (√) bila menurut anda pernyataan yang diberikan sudah sesuai.
No
Aspek yang ditelaah
Ya
Tidak
Keterangan
1
Definisi konseptual sudah memadai dilihat dari sisi kesesuaian dengan tujuan instrument



2
Definisi operasional memuat pendefinisian aspek yang sesuai dengan definisi konseptual



3
Indikator sesuai dengan definisi operasional




No. Aspek
Aspek yang ditelaah
Nomor soal
1
2
3
4
37
A.    Materi
1
Pernyataan sesuai dengan rumusan indikator dalam kisi-kisi






2
Aspek yang diukur pada setiap pernyataan sudah sesuai dengan tuntutan dalam kisi-kisi (misal untuk tes sikap: aspek kognisi, afeksi, atau konasinya dan pernyataan positif atau negatifnya)






B.     Kostruksi
3
Skala penilaian sudah tepat






4
Petunjuk pengisian sudah jelas






5
Format instrument menarik untuk dibaca






6
Pernyataan dirumuskan dengan singkat (tidak melebihi 20 kata) dan jelas






7
Kalimatnya bebas dari pernyataan yang tidak relevan objek yang dipersoalkan atau kalimatnya merupakan kalimat yang perlu saja






8
Kalimatnya bebas dari kalimat yang negatif ganda






9
Kalimatnya bebas dari pernyataan yang mengacu pada masala lalu






10
Kalimatnya bebas dari pernyataan faktual atau dapat diinterpretasikan sebagai fakta






11
Kalimatnya bebas dari pernyataan yang dapat diinterpretasikan lebih dan kalimatnya bebas dari pernyataan yang mungkin disetujui atau dikosongkan oleh hampir semua responden






12
Setiap pernyataan hanya berisi satu gagasan secara lengkap






13
Kalimatnya bebas dari pernyataan yang tidak pasti seperti: semua, selalu, kadang-kadang, tidak satupun, tidak pernah






14
Tidak banyak menggunakan kata hanya, sekedar, semata-mata






C.    Bahasa/Budaya
15
Rumusan kalimat pernyataan komunikatif






16
Soal menggunakan Bahasa Indonesia yang baku






17
Tidak menggunakan bahasa yang bersifat setempat/tabu















Saran perbaikan:
.....................................................................................................................................................                  

B.     MINAT
Minat menurut Nunnally (Gabel, 1986: 8) didefinisikan sebagai pilihan pada aktivitas khusus. Seperti pada ranah afektif lainnya, minat juga dapat dideskripsikan berdasarkan target, arah, dan intensitasnya. Target dari minat adalah aktivitas, arahnya dapat dideskripsikan sebagai berminat atau tidak berminat, dan intensitasnya dideskripsikan sebagai tinggi atau rendah. Sedangkan menurut Nitko (2007:448) Minat adalah kecenderungan terhadap suatu jenis aktivitas tertentu ketika sesorang tidak berada di bawah tekanan.
a.       Tujuan
b.      Definisi Konseptual
Minat adalah pilihan pada aktivitas khusus dan kecenderungan terhadap suatu jenis aktivitas tertentu ketika seseorang tidak berada di bawah tekanan.
c.       Definisi Operasional
Siswa dikatakan memiliki minat terhadap matematika jika: memahami/mempelajari  materi matematika, mengikuti pembelajaran matematika, berinteraksi dengan guru dan teman, membaca buku matematika, menyelesaikan soal matematika, mengerjakan tugas matematika, dan mengikuti pelaksanaan ulangan matematika.

Kisi-Kisi Instrumen Minat Siswa Terhadap Matematika
Aspek
Indikator
No Item
Jumlah
Positif
Negatif

Minat Terhadap Matematika
Memahami mempelajari materi matematika
1,10,22
1,10
6,16,21
6, 13, 18
6
Mengikuti dengan guru dan teman
7, 14
7
2, 9 , 11
2, 9
5
Berinteraksi dengan guru dan teman
8, 13, 30
8, 11,
25
20
4
Membaca buku matematika
4
4

1

Menyelesaikan soal matematika
17, 28
14,

2
Mengerjakan tugas matematika
5, 19
5, 16
 15, 24, 27 , 29
12,
7
Mengikuti pelaksanaan ulangan matematika
20, 26
17,
12, 18, 23
15, 19
5

Jumlah
30

Pedoman Skor
Pernyataan
Skor pernyataan positif
Skor pernyataan negatif
Selalu
5
1
Sering
4
2
Kadang-kadang
3
3
Jarang
2
4
Tidak pernah
1
5



ANGKET MINAT
PETUNJUK PENGISIAN
1.      Berilah tanda cek (√) pada pada kotak yang tersedia.
2.      Setelah selesai, form ini dikumpulkan kembali.  
3.      Jawaban yang anda berikan tidak akan mempengaruhi nilai pelajaran.


No
Aspek yang dinilai
Pilihan
SL
SR
KK
JR
TP
1
Saya berusaha memahami materi matematika





2
Saya membolos pada jam pelajaran matematika





3
Saya tidak mengumpulkan tugas matematika





4
Saya membaca buku matematika





5
Saya berusaha menyelesaikan tugas matematika   dengan sebaik-baiknya





6
Saya hanya mempelajari matematika jika akan ada ulangan





7
Saya hadir tepat waktu pada jam pelajaran matematika





8
Saya bertanya kepada teman tentang matematika





9
Saya mengerjakan hal-hal yang tidak berkaitan dengan matematika selama pembelajaran matematika





10
Saya berdiskusi tentang pelajaran matematika dengan teman





11
Saya tidak pernah memperhatikan penjelasan guru matematika





12
Saya tidak masuk sekolah karena ada ulangan matematika





13
Saya menyiapkan pertanyaan untuk diajukan pada saat pembelajaran matematika





14
Saya membawa semua perlengkapan belajar matematika





15
Saya tidak mengerjakan tugas matematika





16
Saya tidak berusaha memahami rumus matematika





17
Saya berusaha memahami rumus matematika





18
Saya membuka buku/catatan ketika ulangan





19
Saya menyelesaikan tugas matematika tepat waktu





20
Saya menyalin/ menyontek tugas matematika tepat waktu





21
Saya malas berdiskusi tentang matematika dengan siapa pun





22
Saya mempelajari materi matematika yang belum diajarkan





23
Saya menyalin jawaban milik teman pada saat ulangan matematika





24
Saya mengerjakan tugas matematika dengan asal kerja





25
Saya tidak bertanya kepada guru matematika walaupun saya tidak mengerti





26
Saya menyelesaikan soal ulangan dengan mandiri





27
Saya menunda-nunda menyelesaikan tugas matematika





28
Saya mengerjakan soal matematika yang belum diajarkan





29
Saya menyiapkan diri jauh hari sebelum ulangan matematika





30
Saya berusaha menjawab pertanyaan yang diajukan guru






Keterangan:
SL       : Selalu
SR       : Sering
KK      : Kadang-kadang
JR        : Jarang
TP        : Tidak Pernah




FORMAT PENELAAHAN BUTIR INSTRUMEN SKALA PENILAIAN
Mata Pelajaran            : ………………………………..
Kelas/ Semester           : ………………………………..
Penelaah                      : ……………………………….
Petunjuk: Beri tanda centang (√) bila menurut anda pernyataan yang diberikan sudah sesuai.
No
Aspek yang ditelaah
Ya
Tidak
Keterangan
1
Definisi konseptual sudah memadai dilihat dari sisi kesesuaian dengan tujuan instrument



2
Definisi operasional memuat pendefinisian aspek yang sesuai dengan definisi konseptual



3
Indikator sesuai dengan definisi operasional




No
Aspek yang ditelaah
Nomor soal
1
2
3
4
5
6
7
8
9
30
A.    Materi
1
Pernyataan sesuai dengan rumusan indikator dalam kisi-kisi











2
Aspek yang diukur pada setiap pernyataan sudah sesuai dengan tuntutan dalam kisi-kisi (misal untuk tes sikap: aspek kognisi, afeksi, atau konasinya dan pernyataan positif atau negatifnya)











B.     Kostruksi
3
Skala penilaian sudah tepat











4
Petunjuk pengisian sudah jelas











5
Format instrument menarik untuk dibaca











6
Pernyataan dirumuskan dengan singkat (tidak melebihi 20 kata) dan jelas











7
Kalimatnya bebas dari pernyataan yang tidak relevan objek yang dipersoalkan atau kalimatnya merupakan kalimat yang perlu saja











8
Kalimatnya bebas dari kalimat yang negatif ganda











9
Kalimatnya bebas dari pernyataan yang mengacu pada masala lalu











10
Kalimatnya bebas dari pernyataan faktual atau dapat diinterpretasikan sebagai fakta











11
Kalimatnya bebas dari pernyataan yang dapat diinterpretasikan lebih dan kalimatnya bebas dari pernyataan yang mungkin disetujui atau dikosongkan oleh hampir semua responden











12
Setiap pernyataan hanya berisi satu gagasan secara lengkap











13
Kalimatnya bebas dari pernyataan yang tidak pasti seperti: semua, selalu, kadang-kadang, tidak satupun, tidak pernah











14
Tidak banyak menggunakan kata hanya, sekedar, semata-mata











C.    Bahasa/Budaya
15
Rumusan kalimat pernyataan komunikatif











16
Soal menggunakan Bahasa Indonesia yang baku











17
Tidak menggunakan bahasa yang bersifat setempat/tabu












Saran perbaikan:
.....................................................................................................................................................                  





Tidak ada komentar:

Posting Komentar