Rabu, 07 September 2016

PENYUSUNAN INSTRUMEN TES DAN ANALISIS KUALITATIF


A.      PENYUSUNAN SOAL PILIHAN GANDA
Analisis Kualitatif
Analisis Kualitatif adalah analisis butir soal (tes tertulis, perbuatan, sikap) sebelum soal tersebut digunakan/diujikan.
aspek analisis kualitatif:
1.    Materi
2.    Konstruksi
3.    Bahasa/Budaya
4.    Kunci Jawaban/pedoman penskoran
Sebelum menggunakan item pilihan ganda, gunakan daftar periksa untuk memeriksa setiap item. Revisi setiap item yang tidak lulus (reliabel) dalam daftar periksa kita. Daftar periksa merupakan sebuah daftar pertanyaan-pertanyaan dari setiap item yang kita tulis. Jika kita menjawab "tidak" untuk satu atau lebih pertanyaan, maka kita harus merevisi item.
1.      Apakah item menilai satu aspek penting dari tujuan pembelajaran?
2.      Apakah item tersebut cocok dengan rencana penilaian kita dalam hal kinerja, penekanan, dan jumlah poin?
3.      Apakah stem mengajukan pertanyaan langsung atau memberikan masalah tertentu?
4.      Apakah item berdasarkan pengulangan kata daripada kata-kata mengangkat langsung dari sebuah buku teks?
5.      Apakah kosakata dan struktur kalimat pada tingkat yang relatif rendah dan non-teknis?
6.      Apakah setiap pilihan jawaban (pengecoh) masuk akal sehingga siswa yang tidak memiliki pengetahuan tentang jawaban yang benar tidak dapat melihatnya sebagai pengecoh?
7.      Jika mungkin, Apakah pilihan jawaban yang salah berdasarkan pada kesalahan umum siswa atau kesalahpahaman konsep?
8.      Apakah jawaban benar dari suatu item tidak berkaitan dengan jawaban yang benar dari item lain?
9.      Apakah semua pilihan jawaban homogen dan sesuai dengan isi item?
10.  Apakah kita menghindari menggunakan "semua yang di atas" atau "tidak  ada satu pun yang di atas" sebanyak mungkin?
11.  Apakah hanya ada satu jawaban yang benar atau terbaik dari item?


KISI-KISI TES PRESTASI MATEMATIKA
Mata Pelajaran         : Matematika
Kelas / Semester       : VIII / 2
Pokok Bahasan        : Lingkaran
Alokasi Waktu         : 45 menit
Bentuk Soal             : Pilihan Ganda
Jumlah Soal              : 10 butir

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator Soal
Bentuk Tes
No. Soal
Geometri dan Pengukuran
4.1 Menentukan Unsur-unsur Lingkaran
Lingkaran

Siswa diberi soal dengan gambar dan diminta untuk menentukan unsur-unsur dan bagian lingkaran
Pilihan ganda
1,4
4.2 Menghitung keliling dan luas lingkaran
Siswa diberi soal, misalnya diketahui panjang jari-jarinya, kemudian siswa menghitung keliling dan luas lingkaran
2, 3, 5, 6, 8, 10
4.3 Menggunakan hubungan sudut pusat, panjang busur, luas juring dalam pemecahan masalah
Siswa diberikan soal tentang hubungan sudut pusat, panjang busur dan luas juring, kemudian diminta untuk menyelesaikannya
7, 9



TES PRESTASI MATEMATIKA
Pokok Bahasan          : Lingkaran
Kelas/Semester          : VIII / 2
Waktu                        : 45 menit
Petunjuk pengisian
  1. Kerjakanlah pada lembar jawab yang telah tersedia.
  2. Tulislah nama, nomor absen dan kelas pada lembar jawab yang tersedia.
  3. Bacalah setiap pertanyaan di bawah ini dengan seksama.
  4. Pilihlah salah satu jawaban yang sesuai dengan jawaban anda dengan memberi tanda silang (X).
  5. Bila sudah selesai mengerjakan soal, serahkan lembar jawab dan naskah soal pada pengawas.

1.       Lingkaran merupakan himpunan semua titik yang berjarak sama dari sebuah titik tertentu, titik tertentu itu disebut…
  1. Pusat lingkaran
  2. Garis tengah lingkaran
  3. Jari-jari lingkaran
  4. Tali busur lingkaran
2.       Tini akan membuat anyaman hiasan dinding berbentuk lingkaran dengan panjang jari-jari 4 cm, diameter anyaman hiasan dinding Tini adalah…
  1. 2 cm
  2. 4 cm
  3. 6 cm
  4. 8 cm
3.      Pada gambar di bawah diketahui jari-jari lingkaran adalah 21 cm, keliling lingkaran tersebut adalah ...
     
a.       132 cm
b.      131,88 cm
c.       1386 cm
d.      1384,74 cm
4.       Pada gambar di bawah ini, yang merupakan apotema adalah …
  1. OC
  2. AC
  3. DC
  4. OT
5.       Ridwan mempunyai kolam ikan berbentuk lingkaran dibelakang rumahnya. Jika jari-jari kolam tersebut adalah 7 m, luas kolam ikan Ridwan adalah…
a.       22 m2
b.      38,5 m2
c.       44 m2
d.      154 m2
6.      Sebuah roda sepeda mempunyai 12 buah jeruji. Setiap jeruji yang berdekatan membentuk sudut yang sama dan poros roda dianggap sebagai titik pusat lingkaran. Jika panjang jeruji sepeda sama dengan 42 cm, maka panjang busur di hadapan dua jeruji yang berdekatan adalah…
a.       22 cm
b.      21,98 cm
c.       44 cm
d.      10,99 cm
7.      Panjang jari-jari sebuah roda 21 cm. berapakah panjang lintasannya jika roda itu berputar atau menggelinding sebanyak 200 kali?
a.       132 m
b.      264 m
c.       420 m
d.      332 m
8.      Gambar di bawah ini merupakan sebuah lingkaran yang menyinggung semua sisi sebuah persegi. Jika luas daerah persegi 400 cm2, maka luas daerah yang diarsir adalah... (  
a.       314 cm2
b.      62,8 cm2
c.       86 cm2
d.      78,5 cm2
9.      Perhatikan gambar berikut,  dan panjang jari-jari lingkaran 7 cm. Luas daerah yang diarsir adalah...
a.       77 cm2
b.      39 cm2
c.       38,5 cm2
d.      77,5 cm2
10.  Pada gambar di bawah ini diketahui luas persegi panjang adalah 48 cm2. Panjang jari-jari masing-masing lingkaran adalah...
a.       5 cm
b.      3 cm
c.       2 cm
d.      4 cm


KUNCI JAWABAN TES PRESTASI MATEMATIKA

1.      A
2.      D
3.      A
4.      B
5.      D
6.      A
7.      B
8.      C
9.      C
10.  C




PEMBAHASAN KUNCI JAWABAN TES PRESTASI MATEMATIKA
1.       Jawaban : A
Lingkaran merupakan himpunan semua titik yang berjarak sama dari titik tertentu. Titik tertentu tersebut disebut titik pusat lingkaran.
2.       Jawaban : D
Diketahui:    r = 4 cm
Ditanya:       d = ?
Jawab:
                     d = 2r
                     d = 2 . 4 cm
                     d = 8 cm
jadi, panjang diameternya adalah 8 cm
3.       Jawaban : A
Diketahui:    r = 21 cm
Ditanya:       K = ?
Jawab:
                    
                      
                      
Jadi, keliling lingkaran adalah 132 cm
4.       Jawabannya : D
Apotema adalah jarak jarak terpendek antara tali busur dengan pusat lingkaran, jadi apotema pada gambar tersebut adalah OT
5.       Jawabannya : D
Diketahui:    r = 7 cm
Ditanya:       Luas kolam ikan (L) = ?
Jawab:
                    
                      
                      
Jadi, luas kolam ikan Ridwan adalah 154 m2
6.       Jawaban : A
Diketahui:    r = 42 cm
                     Sudut pusat =
Ditanya:       panjang busur di hadapan dua jeruji yang berdekatan = ?
Jawab:
                    
                      
                      
Jadi, panjang busur diantara dua jeruji yang berdekatan adalah 22 cm
7.   Jawaban :  B
                     Diketahui:    r = 21 cm
Ditanya:       Panjang lintasan jika roda berputar 200 kali = ?
Jawab:
                               
                             
Panjang lintasan =
Panjang lintasan =
Panjang lintasan = 26.400 cm
Panjang lintasan = 264 m
Jadi, panjang lintasan yang dilalui adalah 264 m
8.   Jawaban : C
Diketahui:    Luas persegi = 400 cm2
Ditanya:       Luas daerah yang diarsir = ?
Jawab:
                     Panjang sisi persegi =  
                     Panjang sisi persegi =
                     Panjang sisi persegi = 20

                     Jari-jari lingkaran =
                     Jari-jari lingkaran =
                     Jari-jari lingkaran = 10

                     Luas lingkaran =
                     Luas lingkaran =
                     Luas lingkaran =

                     Luas daerah yang diarsir = Luas persegi – Luas lingkaran
                     Luas daerah yang diarsir = 400 – 314
                     Luas daerah yang diarsir = 86 cm2
Jadi, luas daerah yang diarsir adalah 86 cm2

9.   Jawaban : C
                     Diketahui:    r = 7 cm
                             
Ditanya:       Luas daerah yang diarsir = ?
Jawab:
                              Luas daerah yang diarsir =
                              Luas daerah yang diarsir =
                              Luas daerah yang diarsir = 38,5 cm2
Jadi, luas daerah yang diarsir adalah 38,5 cm2
10.       Jawaban : C
Diketahui:    Luas persegi panjang = 48 cm2
Ditanya:       r = ?
Jawab:
                     Lebar persegi panjang = 2r
                     Panjang persegi panjang = 6r
                     Luas persegi panjang = panjang persegi panjang . lebar persegi panjang
                     Luas persegi panjang = 2r . 6r
                     Luas persegi panjang = 12r2
                              r =
                     r =
                     r = 2
jadi, panjang jari-jari lingkaran adalah 2 cm

DAFTAR PERIKSA / EVALUASI BUTIR SOAL PILIHAN GANDA
No Butir
Daftar periksa / evaluasi butir pilihan ganda
Revisi
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
1
Ya
Ya
Ya
Ya
Ya
Ya
Ya
Ya
Ya
Ya
Ya
Tidak
2
Ya
Ya
Ya
Ya
Ya
Ya
Ya
Ya
Ya
Ya
Ya
Tidak
3
Ya
Ya
Ya
Ya
Ya
Ya
Ya
Ya
Ya
Ya
Ya
Tidak
4
Ya
Ya
Ya
Ya
Ya
Ya
Ya
Ya
Ya
Ya
Ya
Tidak
5
Ya
Ya
Ya
Ya
Ya
Ya
Ya
Ya
Ya
Ya
Ya
Tidak
6
Ya
Ya
Ya
Ya
Ya
Ya
Ya
Ya
Ya
Ya
Ya
Tidak
7
Ya
Ya
Ya
Ya
Ya
Ya
Ya
Ya
Ya
Ya
Ya
Tidak
8
Ya
Ya
Ya
Ya
Ya
Ya
Ya
Ya
Ya
Ya
Ya
Tidak
9
Ya
Ya
Ya
Ya
Ya
Ya
Ya
Ya
Ya
Ya
Ya
Tidak
10
Ya
Ya
Ya
Ya
Ya
Ya
Ya
Ya
Ya
Ya
Ya
Tidak
B.     PENYUSUNAN SOAL ESAI
Analisis Kualitatif
Sebelum menggunakan item soal esai, gunakan daftar periksa untuk memeriksa setiap item. Revisi setiap item yang tidak lulus (reliabel) dalam daftar periksa kita. Daftar periksa merupakan sebuah daftar pertanyaan-pertanyaan dari setiap item yang kita tulis. Jika kita menjawab "tidak" untuk satu atau lebih pertanyaan, maka kita harus merevisi item.
1.      Apakah soal esai menilai aspek penting dari sasaran instruksional unit?
2.      Apakah soal esai sesuai rencana penilaian dalam hal kinerja, penekanan, dan jumlah poin?
3.      Apakah soal esai mengharuskan mahasiswa untuk menerapkan pengetahuan mereka untuk situasi baru?
4.      Bila dilihat dalam kaitannya dengan barang-barang lainnya di tes, apakah item ini memberikan kontribusi yang mencakup berbagai konten dan kemampuan berpikir yang ditetapkan dalam rencana penilaian Anda?
5.      Apakah soal fokus? Apakah itu mendefinisikan sebuah proses dengan arah tertentu, daripada meninggalkan tugas begitu luas sehingga hampir tanggapan dapat memuaskan pertanyaan?
6.      Apakah tugas yang didefinisikan oleh soal dalam tingkat kompleksitas yang sesuai untuk maturity pendidikan dari siswa?
7.      Apakah untuk mendapatkan tanda baik pada item tersebutsiswa diminta untuk menunjukkan lebih dari penarikan kembali fakta-fakta, definisi, daftar, ide, generalisasi, dll?
8.      Apakah soal bekerja dengan cara yang mengarahkan semua siswa menafsirkan tugas dengan cara yang diinginkan?
  1. Apakah kata-kata dari soal membuat jelas untuk siswa semua hal berikut:
a.    Besarnya atau panjang tulisan yang dibutuhkan?
b.    Tujuan yang mereka tulis?
c.    Jumlah waktu yang akan dibutuhkan untuk menjawab item?
d.   Dasar pengevaluasian jawaban?
10.    Jika soal esai meminta siswa untuk menyatakan dan mendukung pendapat mereka tentang hal-hal kontroversial, apakah kata-kata menjelaskan bahwa penilaian siswa akan didasarkan pada logika dan bukti yang mendukung argumen mereka, bukan pada posisi yang sebenarnya diambil atau pendapat lain?

KISI-KISI TES PRESTASI MATEMATIKA
Mata Pelajaran         : Matematika
Kelas / Semester       : VIII / 2
Pokok Bahasan        : Lingkaran
Alokasi Waktu         : 45 menit
Bentuk Soal             : Esai
Jumlah Soal              : 4 butir

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator Soal
Bentuk Tes
No. Soal
Geometri dan Pengukuran
4.2 Menghitung keliling dan luas lingkaran
Lingkaran

Siswa diberi soal, misalnya   diketahui panjang jari-jarinya, kemudian siswa menghitung keliling dan luas lingkaran
Pilihan ganda
1, 3
4.3 Menggunakan hubungan sudut pusat, panjang busur, luas juring dalam pemecahan masalah
Siswa diberikan soal tentang hubungan sudut pusat, panjang busur dan luas juring, kemudian diminta untuk menyelesaikannya
2, 4



TES PRESTASI MATEMATIKA
Pokok Bahasan          : Lingkaran
Kelas/Semester          : VIII / 2
Waktu                        : 45 menit
Petunjuk pengisian
  1. Kerjakanlah pada lembar jawab yang telah tersedia.
  2. Tulislah nama, nomor absen dan kelas pada lembar jawab yang tersedia.
  3. Bacalah setiap pertanyaan di bawah ini dengan seksama.
  4. Bila sudah selesai mengerjakan soal, serahkan lembar jawab dan naskah soal pada pengawas.


1.        Andri berlari pagi mengelilingi sebuah taman yang berbentuk lingkaran dengan diameter 28 m. hitunglah keliling dan luas taman tersebut!
2.        Ibu membeli kue berbentuk lingkaran. Kemudian ibu memotongnya menjadi 8 bagian sama besar. Hitunglah besar sudut pusat dan besar sudut keliling kue tersebut!
3.        Ayah membuat kolam ikan berbentuk lingkaran di belakang rumah. Kolam ikan tersebut memiliki diameter 7 m. berapakah keliling dan luas kolam ikan milik ayah?
4.        Seorang pedagang pizza menerima pesanan membuat pizza berbentuk lingkaran. Pizza akan dipotong menjadi 12 bagian sama besar. Berapakah besar sudut pusat dan sudut





KUNCI JAWABAN SOAL ESAI DAN PENSKORANNYA

NO

KUNCI JAWABAN

SKOR

1

Diketahui:
diameter = 28 m
Ditanya:
keliling dan luas = ?
Jawab:
Keliling =
Keliling =
Keliling = 88 m

Luas =
Luas =
Luas = 616 m2



1

1

2

2

2


2

Skor total
10

2

Diketahui:
Lingkaran dibagi menjadi 8 bagian sama besar
Ditanya:
Sudut pusat dan sudut keliling = ?
Jawab:
Sudut pusat =
Sudut pusat =

Sudut keliling =
Sudut keliling =
Sudut keliling =



1


1


2
2


2


2


Skor total
10

3

Diketahui:
diameter = 7 m
Ditanya:
keliling dan luas = ?
Jawab:
Keliling =
Keliling =
Keliling = 22 m

Luas =
Luas =
Luas = 38,8 m2



1


1

2


2


2



2

Skor total
10

4

Diketahui:
Lingkaran dibagi menjadi 12 bagian sama besar
Ditanya:
Sudut pusat dan sudut keliling = ?
Jawab:
Sudut pusat =
Sudut pusat =

Sudut keliling =
Sudut keliling =
Sudut keliling =



1


1


2
2


2


2

Skor total
10


SKOR TOTAL

40







DAFTAR PERIKSA / EVALUASI BUTIR SOAL ESAI
No Butir
Daftar Periksa / Evaluasi Soal Esai
Revisi
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
1
Ya
Ya
Ya
Ya
Ya
Ya
Ya
Ya
Ya
Ya
Tidak
2
Ya
Ya
Ya
Ya
Ya
Ya
Ya
Ya
Ya
Ya
Tidak
3
Ya
Ya
Ya
Ya
Ya
Ya
Ya
Ya
Ya
Ya
Tidak
4
Ya
Ya
Ya
Ya
Ya
Ya
Ya
Ya
Ya
Ya
Tidak


REFERENSI:

Ebel, Robert L. 1986. Essentials Of Educational Measurement. New Jersey: Prentice Hall Inc.
Miller, M.D., Linn, R.L., & Gronlund, N.E. 2009. Measurement and Assessment in Teaching. Upper Saddle River, N.J. : Pearson
Nitko, Anthony J. & Susan M. Brookhart. 2007. Educational Assesment of Students. Upper Saddle River, NJ: Pearson Education, Inc.


Popham, W.J. (1995). Classroom Assessment: what teachers need to know. Boston: Allyn and Bacon

Tidak ada komentar:

Posting Komentar