Rabu, 07 September 2016

Prolog Akhir Pekan "Perkenalan"

Apa itu filsafat?

Filsafat itu terdiri dari setengah logika dan setengahnya lagi pengalaman. Filsafat dapat diterjemahkan oleh banyak hal: nafas, hidup, bahagia, sedih, tangis, tawa, air mata, bahkan hembus angin. Filsafat menyimpan rasa, mengedepankanperasaan.
Saya mengartikan filsafat berbeda untuk waktu yang berbeda. Ini bukan karena masalah pendirian, Saya hanya mengikuti pengalaman. Hidup Saya berubah setiap milidetiknya, pengalaman Saya bertambah hingga pandangan Saya pun (bisa saja) berubah.
Lantas apa filsafat itu? Memandang sesuatu yang wah? Membesarkan masalah yang kecil? Ataukah mengkritisi hal-hal sepele?
Coba pikirkan sejenak, untuk apa mendefinisikan filsafat dengan kata-kata? Menjelaskan panjang lebar kemudian berlalu? Filsafat adalah apa yang ada dalam hidup. Cukup (?).
Hidup bagi sebatang pohon bisa saja setetes air. Hidup bagi seekor kelinci dalam sepotong wortel. Hidup bagi seorang anak diterjemahkan dalam kasih sayang. Dan hidup bagi Saya adalah pagi hari ketika Saya menemukan diri Saya dalam kesadaran. Untuk hidup saja begitu banyak arti, demikian dengan filsafat. Semua bergantung pada "mengapa".

Mampukah menemukan benar-salah dalam berfilsafat?

Benar dan salah, salah satu pasangan komponen dalam kehidupan. begitu pula dalam berfilsafat. Tapi untuk apa benar salah? Apa yang diperoleh setelah menyatakan benar atau salah?
Bukan benar-salah yang menjadi pokok jawaban dalam berfilsafat, tapi alur menemukan jawaban lah yang menjadi pokok untuk filsafat.
Ibarat hidup, lahir lantas mati. Bukan kenapa dilahirkan ataupun kapan kematian datang, tapi bagaimana waktu diantara hidup dan mati itu dilalui. Bukan apa yang dapat dilihat dipuncak gunung, tapi apa yang ditemui selama mendaki hingga sampai ke puncak.

Jika ternyata filsafat bisa berbeda untuk setiap orang, benar-salah bukan tujuan utama berfilsafat, lantas untuk apa mempelajari filsafat?

coba tanyakan pada dirimu kemudian jawablah: "Untuk apa kamu baca tulisan ini?" untuk itulah kenapa ada filsafat, dan mengapa semua mencoba untuk mengenalnya (sadar ataupun tidak sadar).


Terima kasih, selamat menikMATI.
correct me if I'm wrong

Tidak ada komentar:

Posting Komentar